Alur Pengelolaan Makalah

Artikel setelah diterima akan dievaluasi oleh Editor dengan kompetensi sesuai dengan tema/bahasan dalam artikel. Obyek evaluasi meliputi kesesuaian ruang lingkup dan kecukupan kualitas artikel untuk menjalani proses evaluasi oleh Mitra Bestari (peer-reviewer). Sebagai output dari proses ini adalah salah satu dari 3 (tiga) pilihan rekomendasi Editor :

  • Dilanjutkan untuk proses peer-reviewing
  • Perbaikan awal oleh penulis
  • Ditolak

Rekomendasi kedua akan diberikan untuk artikel dengan kecukupan kualitas yang baik namun masih perlu penyempurnaan dalam penyampaian atau tatabahasa. Untuk itu artikel akan dikembalikan kepada penulis untuk diperbaiki terlebih dahulu sebelum dikirimkan kepada Mitra Bestari.

Untuk artikel yang telah siap dievaluasi oleh Mitra Bestari, Editor akan menentukan 2 Mitra Bestari dengan kompetensi sesuai dengan tema/bahasan dalam artikel. Mitra Bestari akan mengirimkan hasil evaluasi mereka dengan pilihan rekomendasi :

  • Diterbitkan tanpa perbaikan
  • Diterbitkan setelah perbaikan minor
  • Diterbitkan setelah perbaikan mayor
  • Ditolak

Bila rekomendasi pertama yang diberikan, maka artikel dinyatakan diterima

Bila rekomendasi kedua diberikan, artikel akan dikembalikan kepada penulis untuk diperbaiki dan selanjutnya cukup diverifikasi oleh Editor untuk mencapai rekomendasi diterima.

Bila rekomendasi ketiga diberikan, artikel dikembalikan kepada penulis untuk diperbaiki dimana hasil perbaikan akan dievaluasi kembali oleh Mitra Bestari yang bersangkutan dengan pilihan rekomendasi diterima, diterbitkan setelah perbaikan minor atau ditolak.

Bila rekomendasi keempat diberikan oleh semua Mitra Bestari, pemberitahuan penolakan akan segera disampaikan kepada penulis. Bila penolakan hanya oleh salah satu Mitra Bestari, maka artikel akan dievaluasi oleh Mitra Bestari ketiga untuk mendapatkan rekomendasi akhir.

Artikel yang telah dinyatakan diterima selanjutnya akan diedit sesuai format JUSAMI dan hasil proses edit akan dikirimkan kembali kepada penulis untuk dibaca dan diberikan persetujuan akhir oleh penulis sebelum dicetak.