Pedoman Bagi Penulis (Template)

Ruang lingkup naskah yang dimuat dalam Jurnal Sains Materi Indonesia merupakan hasil litbang dalam bidang sains materi, inovasi teknologi dan aplikasi di industri dari bahan-bahan: polimer, keramik, komposit, logam atau paduan logam, yang berkaitan dengan sifat mekanik, magnetik, fisik, dielektrik atau elektronik (superkonduktivitas, semikonduktivitas, konduktivitas superion) dengan bahasan meliputi : Sintesis dan modifikasi serta pengembangan metodenya, Pengujian dan karakterisasi, Simulasi dan pemodelan, Teknik nuklir dan aplikasinya dalam sains materi.

Naskah yang hendak dimuat merupakan naskah yang belum pernah diterbitkan dan ditujukan kepada : Redaksi Jurnal Sains Materi Indonesia, Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju, Kawasan Puspiptek-Serpong 15314, Tangerang atau melalui e-mail : jusami@batan.go.id.

NASKAH

Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris yang diketik dengan Microsoft Word for Windows sesuai dengan template Jusami. Naskah diketik pada kertas ukuran A4 dengan margin kanan, kiri, atas dan bawah berturut-turut adalah 30, 20, 30, dan 25 mm dengan font Time New Roman, jarak antar baris 1 spasi, terdiri dari 2 kolom. Bagian pendahuluan berisi penjelasan ringkas tentang latar belakang dan pentingnya masalah penelitian, status ilmiah saat ini yang disertai telaah referensi terbaru dengan minimal 80% berasal dari sumber acuan primer, hipotesis dan tujuan penelitian disertai pernyataan kebaruan dari penelitian ini. Nomor acuan pustaka ditulis secara urut dalam kurung siku, misalnya [1], atau [2-5], atau [1,3].

DAFTAR ACUAN

Seluruh daftar pustaka harus diacu di dalam teks dengan penomoran dalam acuan disesuaikan dengan kronologis pembahasan. Penulisan daftar pustaka mengikuti sistem IEEE style, seperti contoh berikut :

[1]. Buku:
 W.K. Chen. Linear Networks and Systems. Belmont, CA: Wadsworth, 1993, pp. 123-35.
[2]. Bab Buku:
 J.E. Bourne. "Synthetic structure of industrial plastics," in Plastics, 2nd ed., vol. 3. J. Peters, Ed. New York: McGraw-Hill, 1964, pp.15-67.
[3]. Jurnal:
 G. Pevere. "Infrared Nation." The International Journal of Infrared Design, vol. 33, pp. 56-99, Jan. 1979.
[4]. Prosiding:
 D.B. Payne and H.G. Gunhold. "Digital sundials and broadband technology," in Proc. IOOC-ECOC, 1986, pp. 557-998.
[5]. Paten:
 E.E. Rebecca. "Alternating current fed power supply." U.S. Patent 7 897 777, Nov. 3, 1987.

GAMBAR DAN TABEL

Keterangan gambar ditulis di bagian bawah gambar atau grafik dengan penomoran sesuai dengan alur pembahasan. Judul ditulis dengan huruf tebal miring, sejajar dengan teks tanpa indent. Setiap gambar diberi keterangan sejelas dan seinformatif mungkin. Apabila diminta, gambar asli akan dikembalikan kepada penulis dalam waktu selambat-lambatnya satu bulan. Apabila dalam jangka waktu yang telah ditentukan penulis tidak menghendaki gambar tersebut, redaksi berhak memusnahkan gambar tersebut. Keterangan tabel ditulis di bagian atas tabel dengan penomoran sesuai dengan alur pembahasan. Judul tabel ditulis dengan huruf tebal miring, sejajar dengan teks tanpa indent. Setiap tabel diberi keterangan sejelas dan seinformatif mungkin.

PERSAMAAN

Penulisan persamaan kimia dan atau persamaan matematik dilakukan tanpa indent dan diberi nomor dengan angka arab, sesuai dengan alur pembahasan.

Naskah yang dikirimkan ke Redaksi Jurnal Sains Materi Indonesia melalui e-mail jusami@batan.go.id berisi : file dari naskah dan file terpisah dari gambar/grafik/tabel disertai keterangan yang diperlukan. Dewan redaksi berhak menolak suatu naskah yang dianggap tidak memenuhi syarat, setelah mendengar pendapat beberapa ahli. Dewan redaksi berhak mengubah dan menyesuaikan bahasa dan istilah tanpa perubahan isi, dengan tidak memberitahukan kepada penulis terlebih dahulu. Jika perubahan isi dianggap perlu, maka akan dikonsultasikan dengan penulis. Naskah yang dimuat dalam Jurnal Sains Materi Indonesia menjadi hak BATAN dan penerbitan kembali harus seizin Dewan Redaksi.